Minggu, 14 Mei 2017

5 Tanda Anda Sedang Jenuh Ngeblog, Apakah Anda Mengalaminya?

5 Tanda Anda Sedang Jenuh Ngeblog, Apakah Anda Mengalaminya? (picture)

Menjalankan aktivitas blogging atau ngeblog memang kini sedang hangat-hangatnya menjadi tren yang sangat digemari oleh banyak masyarakat Indonesia. Banyak sekali motif dan tujuan blogger (sebutan untuk para pelaku blogging) melakukan tren ini, mulai dari iseng-iseng mengisi waktu luang, ingin berbagi informasi, sharing aktivitas sehari-hari, sarana promosi brand, membangun citra bisnis, mencari uang, dan masih banyak lagi.

Walaupun telah memiliki tekad dan semangat yang tinggi dalam blogging, blogger tidak bisa menghindari hal satu ini, yaitu kejenuhan. Sesuka apapun anda pada aktivitas ini, rasa jenuh bisa datang kapan saja. Salah satu penyebab kejenuhan itu disebabkan karena anda melakukan aktivitas yang sama secara berkepanjangan, ataupun anda sudah terlalu lama duduk di depan monitor dan sangat jarang melakukan kegiatan di luar ruangan.

Untuk Apa Mengetahui Tanda Sedang Jenuh Ngeblog?
Ketika seorang blogger sudah merasa jenuh dengan kegiatan bloggingnya, maka sangat dianjurkan dia untuk segera berhenti sementara waktu untuk beristrirahat dan melakukan penyegaran (refreshing). Sayangnya, tidak semua blogger manyadari bahwa dirinya tengah mengalami kejenuhan dan akhirnya terus memaksakan diri untuk menulis.

Saat seorang blogger memaksakan diri untuk terus menulis dalam kondisi jenuh, maka hal ini akan berdampak pada kualitas tulisan atau konten yang menurun. Disaat kualitas tulisan-tulisan anda menurun, tentu hal itu akan berimbas pada penurunan jumlah visitor (sebutan untuk para pengunjung blog) secara berangsur-angsur.

Agar pikiran dan tubuh kembali fresh dan bertenaga lagi, anda dapat melakukan beberapa hal, seperti tidur dan istirahat sejenak, ke luar ruangan dan menghirup udara segar, pergi ke tempat yang ramai untuk menyegarkan pikiran, seperti taman atau bila perlu ke tempat wisata, bertemu dan ngobrol dengan sahabat atau orangtua, dan masih banyak lagi hal yang dapat anda lakukan.

Lalu apa saja tanda jika blogger sedang dilanda kejenuhan? Berikut tanda-tandanya.

1. Kehabisan Ide untuk Menulis
Tanda pertama bahwa blogger tengah mengalami kejenuhan adalah kehabisan ide untuk menulis artikelnya. Ketika blogger sudah beberapa hari menulis artikel untuk blognya, bisa saja tiba-tiba dia mengalami kebuntuan ide, dan sukar untuk menemukan ide baru untuk menulis artikel. Memang bukan berarti kehabisan ide disebabkan sepenuhnya oleh kejenuhan untuk ngeblog. Karena mencari ide untuk menulis artikel yang baru memang bukan perkara mudah. Blogger dituntut untuk kreatif, cekatan, dan berwawasan tinggi untuk mendapatkan ide-ide baru.

Namun tak jarang meski kita sudah beristirahat dan melakukan refreshing, ide-ide baru belum bisa kita temukan. Namun dalam hal kehabisan ide, bukan berarti kita lantas bisa mengacuhkan tanda-tanda kejenuhan ngeblog ini. Karena ketika blogger merasa jenuh, mereka umumnya sulit untuk menemukan ide untuk artikel blognya.

2. Sangat Sering Salah Menulis (Typo)
Tanda berikutnya yang menunjukkan bahwa seorang blogger tengah dilanda kejenuhan adalah kesalahan menulis (typo) dengan intensitas yang tinggi dalam sebuah artikel.

Memang salah menulis ini bisa saja terjadi kapanpun, bahkan pada seorang profesional blogger sekalipun. Karena kesalahan penulisan adalah sebuah hal yang wajar dan dapat dialami siapapun. Kesalahan penulisan ini juga sulit untuk dihindari. Bisa disebabkan oleh tombol keyboard yang mulai rusak atau bahkan dari human error (kesalahan penulisnya sendiri).

Namun lain halnya jika typo terjadi dengan jumlah yang banyak dalam sebuah artikel. Hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya konsentrasi dan fokus. Menurunnya konsentrasi dan fokus juga umumnya terjadi ketika anda sudah kelelahan dan jenuh.

Mereka yang masih menulis dengan konsentrasi yang seadanya biasa akan kurang memperhatikan kata-kata yang diketik nya. Alhasil tulisan anda akan terlihat berantakan. Hal ini akan mengurangi keyakinan pengunjung terhadap kualitas konten yang anda berikan. Lagi-lagi kejenuhan anda akan berimbas pada visitor blog anda. Sebaiknya anda mulai berhati-hati.

3. Kesulitan Dalam Merangkai Kata
Ternyata kesulitan anda ketika merangkai kata demi kata menjadi sebuah kalimat juga merupakan salah satu pertanda kalau anda mulai jenuh ngeblog. Pikiran yang jenuh dalam aktivitas apapun termasuk ngeblog pasti akan mengakibatkan kita kesulitan mengerjakan suatu kegiatan, termasuk juga merangkai kata.

Namun, seberapa lama merangkai kata yang bisa dikatakan bahwa blogger sedang jenuh? Tentu saja hal ini kembali kepada masing-masing blogger. Intinya jika anda menulis artikel jauh lebih lama dari biasanya, maka hal ini sudah bisa dijadikan pertanda bahwa anda sedang dalam keadaan jenuh bgeblog. Segera hentikan dulu menulis, segarkan dulu pikiran anda dengan cara refreshing melakukan hal lain yang anda sukai.

4. Mudah Terpengaruh dengan Hal Lain
Indikasi lain yang menunjukkan bahwa anda tengah jenuh blogging adalah mudah terpengaruh dengan hal-hal lain. Misalnya anda mulai jarang blogging dan malah melakukan hal-hal lain yang sebenarnya tidak terlalu penting, seperti bermain game, nongkrong dengan teman, ber-sosmed ria (keasyikan update status, update foto, stalking, chatting, dsb.), dan hal-hal tidak penting lainnya.

Hal seperti itu sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Namun ketika anda masih memiliki tekad dan keinginan menjadi seorang blogger sukses dengan konten berkualitasnya, anda harus pandai me-manage waktu anda. Jangan terlalu lama dan sering melakukan hal-hal itu.

5. Tidak Bisa Berkonsentrasi Dalam Menulis
Tanda keempat yang menunjukkan anda jenuh ngeblog adalah ketika anda sulit untuk fokus atau tidak bisa berkonsentrasi dalam menulis. Ketika anda menulis artikel dalam keadaan konsentrasi yang prima, maka konten yang anda hasilkan juga akan kurang memuaskan, bahkan jelek.

Sebaiknya jangan memaksakan diri ketika konsentrasi anda sedang tidak dalam kondisi terbaik. Berusahalah untuk memahami diri anda dan lakukan analisa terhadap kualitas konten yang sedang anda tulis. Semakin baik konsentrasi anda, dengan dibantu kondisi lingkungan yang tanpa gangguan, maka akan semakin baik pula kondisi pikiran anda untuk membuat konten yang berkualitas. Sebaliknya, semakin banyak gangguan yang menghampiri anda ketika menulis konten untuk blog, maka akan membuat anda semakin terbenam dalam keadaan jenuh dan stress.

Mulai sekarang, kenalilah diri anda saat merasa jenuh ketika ngeblog. Ingat! Segera tinggalkan sementara aktivitas menulis ketika rasa jenuh datang. Beristirahat dan lakukan hal-hal yang dapat membuat anda senang dan bahagia.


Sekian dulu untuk artikel kali ini. Silahkan pendapat, kritik dan saran yang membangun untuk membantu sesama kita yang membutuhkan informasi yang berkualitas. Jangan lupa share artikel ini ke sesama teman blogger anda!
Disqus Comments